Stop Pelecehan Seksual di Kantor !

Anda merasa menjadi korban pelecehan seksual di kantor? Jangan tinggal diam. Sayangnya, seringkali wanita yang jadi korban, justru wanita juga yang disalahkan. Akibatnya, banyak wanita yang enggan mengungkapkan masalah ini.
Namun, pelecehan seksual di kantor jangan didiamkan, karena bisa jadi Anda malah dianggap menyukai perlakuan tersebut. Berikut ini langkah pintar menghadapi pelecehan seksual di kantor!

Langkah 1
Ungkapkan secara verbal. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan perlakuan rekan kerja, misalnya dari caranya memandang atau mencoba menyentuh Anda, segera katakan padanya. Jika Anda sudah memberikan pernyataan tidak suka, biasanya ia tidak akan melecehkan Anda lebih jauh.

Langkah 2
Laporkan peristiwa yang dialami. Bila perlakuan teman kerja masih membuat Anda tidak nyaman, segeralah melaporkan kejadian yang Anda alami. Tuliskan kronologis peristiwa yang terjadi, dan berikan laporan tertulis itu pada atasan dan manager HRD perusahaan tempat kerja Anda.

Langkah3
Cari bantuan yang Anda butuhkan. Banyak lembaga yang membela hak wanita, misalnya LBH APIK atau Kalyana Mitra. Cari informasi untuk mendapatkan pertolongan yang tepat lewat buku-buku atau internet. Yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi lembaga sumber tersebut dan menceritakan apa yang Anda alami.

Langkah 4
Ambil tindakan. Jangan diamkan perlakuan ‘nakal’ yang Anda alami. Pelecehan ini ilegal, dan banyak cara untuk menghentikan masalah ini. Pastikan atasan dan rekan kerja Anda menyadari bahwa Anda serius melindungi hak Anda, yaitu merasa nyaman bekerja di kantor, tanpa mengalami pelecehan seksual.

• VIVAnews