BERDOA TIDAK BERKEPUTUSAN

Lukas 18:1-8

Tidakkah Allah akan membenarkan orang-orang pilihanNya yang siang malam berseru kepada-Nya (ayat7)

Menunggu adalah suatu tindakan yang sangat membosankan, terlebih lagi kalau kita menunggu jawaban Tuhan atas doa-doa yang kita naikkan kepadaNya, sebab kita tidak tahu kapan jawaban dari Tuhan akan kita terima. Tuhan Yesus tahu benar sifat kita. Karena itu, Tuhan Yesus menyuruh agar setiap kita berdoa terus sampai jawaban dari Tuhan kita terima, seperti yang tertulis didalam Alkitab: Yesus mengatakan suatu perumpamaan kepada mereka untuk menegaskan, bahwa mereka harus selalu berdoa dengan tidak jemu-jemu. Lukas 18:1). Tetapi kenyataannya, seringkali kita kecewa dan bahkan menjadi tawar hati, karena seolah-olah doa-doa kita tidak sampai ketelinga Bapa. Tidak jarang juga kita merasa bahwa langit seperti tembaga yang menghalangi doa-doa kita. Benarkah demikian? Sama sekali tidak!

Kita semua adalah umat pilihan Allah, umat yang diksihiNya dan kita semua sudah sepenuhnya menyerahkan hidup kita kedalam tangan Tuhan. Karena itu, kita sungguh yakin bahwa Tuhan bukan saja mendengar doa-doa kita, tetapi juga pasti akan mengabulkan setiap permohonan kita. Tuhan Yesus berkata: Tidakkah Allah akan membenarkan orang-orang pilihan-Nya yang siang malam berseru kepadaNya? Dan adakah Ia mnegulur-ulur waktu sebelum menolong mereka. (Lukas 18:7).

Oleh karena itulah Tuhan Yesus menghendaki agar kita tetap berdoa, walaupun kita belum melihat tanda-tanda bahwa doa kita akan dijawab Tuhan. Tuhan bukanlah Tuhan yang kejam, sebaliknya Tuhan kita adalah Tuhan yang Mahakasih, dan pasti Dia tidak akan pernah mengulur-ulur waktu. Hanya seringkali kita harus belajar sabar untuk memperoleh sesuatu menurut waktu dan jadwal Allah. Kita tahu benar bahwa Tuhan sudah menyediakan apa yang kita perlukan, hanya yang menentukan waktunya bukan kita, tetapi Tuhan. Seperti halnya petani yang menabur benih, benihpun tidak akan tumbuh Dalam sekejap, tetapi butuh waktu beberapa bulan untuk dituai. Doapun demikian, perlu kesabaran sampai jawaban Tuhan kita nikmati. Bagi siapapun yang saat ini belum menerima jawaban doa, bersabarlah dan tetaplah berdoa, karena Tuhan tidak pernah lalai.

Tuhan membuat semua indah pada waktunya

Bahan Pendalaman ;

1. Seperti apakah doa yang tidak berkeputusan?

2. Kesulitan atau kesesakan apa yang menjadi pergumulan saudara?

3. Mengapa anda belum menerima jawaban doa?

Doa

Tuhan Yesus, Saya yakin walau saat ini doa saya belum terjawab, namun pada waktu yang tepat Engkau akan menjawabnya, Amin.